Dari Pesantren Untuk Indonesia

Madjid Politika untuk yang kedua kalinya menggelar dialog kebangsaan di pondok pesantren (7/2). Sebelumnya acara serupa telah diadakan di Pesantren Manahijussadat, Lebak Pandagelang Banten. Pesantren yang dikunjungi kali ini adalah Pondok Pesantren Sumber Lebak Payung Sumenep Madura.

Menurut Abd Rahman, acara ini akan diadakan setiap bulan selama 1 tahun untuk mendorong anak-anak muda di pesantren-pesantren agar turut juga berpartisipasi membangun bangsa dan negara.” Acara semacam ini penting guna menginjeksikan pemahaman kebinekaan dan tantangan pemuda di masa depan.” mahasiswa Falsafah dan Agama ini yang dalam acara tersebut menjabat sebagi ketua panitia.

Sementara Dede Kurniawan, selaku Direktur Program menegaskan akan pentingnya diskusi kebangsaan di pesantren-pesantren untuk mengerem fundamestalisme-radikal dan memproduksi intelektual-intelektual muslim yang memiliki integritas dan semangat kebangsaaan yang dalam.

Pembicara dalam dialog kali ini terdiri dari tiga institusi yang berbeda dan mewakili pelbagai komponen. Moh. Afifi (kyai pesantren), Edy Sasongko (Yayasan Pondok Kasih) dan Abdul Muid Nawawi (Madjid Politika). Ketiga pembicara tersebut, (menurut ketua panitia-red) sudah sangat pas karena mewakili latar belakang yang berbeda. Pak Edy mempunyai kekayaan pengalaman hubungan lintas agama guna mendorong keutuhan NKRI, Moh Afifi mewakili otoritas intelektual pesantren dan Abdul Muid Nawawi dengan kapasitas sebagai akademisi.

Antusiasme peserta tampak ketika dibuka sesi pertanyaan, banyak peserta yang rata-rata SMA/sederajat mengangkat telunjuk untuk bertanya. Acara ini sukses karena dihadiri lebih 150 peserta dari pelbagai pesantren sekitar. “Terus terang ini melebihi dari yang kita targetkan.” Tutup Abd Rahman .

Sumber :  Parmagz Pers Paramadina diterbitkan pada hari Selasa, 08 Februari 2011 pukul 21:35 WIB.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: